Benarkah bedak dengan merk tertentu dapat memicu kanker?

Benarkah bedak bayi merk tertentu memicu kanker?
Kemarin, saya berkunjung ke kosan teman saya untuk beristirahat sambil menunggu masuk kuliah. Kemudian saya sedikit membersihkan muka dan memakai bedak. Kebetulan saya membawa bedak bayi merk Johnson’s. Lalu ternyata tiba-tiba teman saya ini bilang “eh, bedak bayi merk itu jangan di pakai lagi lho. Itu katanya memicu kanker. Aku dulu nggak tau juga tapi dibilangin sama temenku. Padahal aku beli baru tapi ga ku pake lagi.aku pakai yang lain jadinya” jadi aku terheran-heran. Bedak bayi yang saya beli ini udah bedak bayi ter-aman menurut saya yang saya beli, yang punya komposisi paling sedikit.

terus di perjalanan pulang saya jadi kepikiran. Apa benar itu? saya jadi teringat, saya pernah baca di blognya kak lintang tentang Bedak bayi. Katanya sih, sebenarnya bedak bayi ini nggak cocok dan nggak di anjurkan untuk kulit wajah. Bedak bayi Cuma boleh di pakai di badan bayi doang. kenapa rupanya? Sesampainya di rumah, saya langsung searching-searching soal ini.

Untuk itu, mari kita lihat bahan dasar universal dari hampir semua jenis bedak. Talc, adalah bahan mineral yang terbuat dari magnesium, silicon dan oksigen (m.cancer.org).Talc ini masih jadi bahan penelitian tentang keamanannya sebenarnya. terutama bahaya Talc jika terhirup. Menurut penelitian, Talc yang terhirup ini dapat mengendap selama bertahun-tahun dalam tubuh dan dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan fungsi abnormal dari paru-paru. Lanjutannya kalau terus dibiarkan, dapat menyebabkan pneumonia yang berat (republika.co.id) .Talc memang tercantum di dalam komposisi bedak merk ini. namun selama tidak terhirup (dan selama tidak punya alergi), talc aman untuk digunakan.

Komposisi kedua dan terakhir dari bedak ini adalah Fragrance. Dia Cuma menuliskan Fragrance tanpa lebih detail memberitahu jenis parfum apa yang di gunakannya di dalam bedak ini. Fragrance memang sama berbahayanya dengan Talc. Di blognya kak lintang, di katakan kalau fragrance ini mengandung banyak bahan kimia seperti Phthalates, Synthetic musk, dan ethylene oxide. Semuanya bersifat sebagai pengganggu hormone, mengacaukan aktivitas hormone androgen dan esterogen dalam tubuh dan berpotensi menyebabkan kanker pada organ/bagian tubuh yang berkaitan dengan reproduksi. Dapat memicu obesitas juga dan terlalu banyak memakai fragrance dapat menyebabkan gangguan system saraf, perubahan tingkah laku dan iritabilitas. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kandungan fragrance, mungkin dapat dicari di artikel-artikel berbahasa inggris karna nggak banyak artikel berbahasa Indonesia yang membahas tentang hal ini. yang pastinya, menghindari produk berbahan fragrance ini susah karna hampir semua produk kecantikan itu memiliki fragrance di komposisinya. Jadi, kalau masih mau memakai produk berbahan fragrance, setidaknya batasi penggunaan dan jangan berlebihan dalam pemakaian. Tetap makan makanan sehat, olahraga dan tetapkan beberapa hari dalam seminggu dimana kalian tidak memakai bahan kimia apapun di tubuh kalian.

Nah pertanyaannya sekarang, benarkah kedua komposisi tersebut hanya terdapat pada merk bedak Johnson’s saja? jawabannya jelas tidak! hampir semua jenis bedak bayi punya dua komposisi ini (saya katakan hampir. Mungkin di luar sana masih ada bedak bayi berbahan dasar selain Talc?). berarti, semua merk bedak bayi berpotensi memicu kanker. Bukan hanya merk tertentu saja.

Tapi sebenarnya pun, walaupun banyak peneliti yang menyatakan kalau Talc dan Fragrance berbahaya, selama pemakaiannya tidak berlebihan dan kita tau cara pemakaiannya, saya rasa tidak masalah untuk memakai bedak bayi. Contohnya, para ibu-ibu di rumah sebaiknya hanya membedaki anaknya dengan bedak bayi hanya di tubuh saja, tidak di muka. Dan usahakan juga untuk memakai sedikit saja bedak agar tidak banyak partikel talc yang terhirup oleh si bayi (kebanyakan orang yang memakai bedak bayi itu mengeluarkan isinya sebanyak-banyaknya. Dan setelah itu mengusap kedua tangannya dan menciptakan partikel putih yang berterbangan di mana-mana). Ya pakailah dengan sewajarnya saja. buat wanita yang sudah dewasa, sebenarnya kalau wajahnya tidak mempunyai masalah apapun (khususnya soal jerawat, karna bedak padat menyumbat pori dan menjebak minyak lebih baik dari bedak tabur. Welcome deh jerawat.) lebih baik memang memakai bedak padat. Karna resiko untuk menghirup talc memang lebih kecil di bedak padat daripada bedak tabur.

Maksud dari tulisan saya ini adalah untuk mengingatkan kita semua untu k jadi konsumen yang cerdas. Jangan makan mentah-mentah semua isu-isu nggak jelas yang di sebarkan orang yang tidak bertanggung jawab. Cari dulu sumbernya, teliti lalu simpulkan. Jelas isu bahwa merk bedak bayi tertentu saja yang dapat menyebabkan kanker itu salah. Jawaban yang benar adalah semua bedak bayi yang mempunyai komposisi Talc dan Fragrance berpotensi memicu kanker, tapi dengan penggunaan yang benar, resiko itu tidak akan ada.