Ilmu Administrasi Negara itu apaan, sih?

Halo guys. gue, sekarang lagi mengadu nasib di Ilmu administrasi negara . gue tau, buat anak-anak SMA, pasti urusan milih jurusan itu udah kayak hidup dan mati, kan? nah karena itu, gue bakal sedikit nge-review tentang jurusan gue ini. semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan lo seputar ilmu administrasi negara ini ya.

1. kak, Ilmu administrasi negara ini fakultas apa sih?
nah ini pertanyaan pertama yang paling gue sering denger seputar ilmu administrasi negara.bahkan temen gue yang baru masuk ilmu administrasi negara pada bilang kalau awalnya mereka kira ilmu administrasi negara ini masuk di fakultas ekonomi! biar gue lurusin, administrasi negara itu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. cuma khusus di UI, Ilmu Administrasi Negaranya udah berada di bawah Fakultas Ilmu Administrasi. jadi, jangan salah lagi ya. kita-kita bukan anak ekonomi, guys. kami ini anak FISIP kece.


2. lah, berarti ngga ada belajar hitungannya dong kak?
sampai semester kedua gue di ilmu administrasi negara gue belum pernah sekalipun nyentuh-nyentuh yang namanya hitungan. ngga tau semester 3 keatas ya. tapi, gue rasapun,, kalau ada hitungan pun cuman sedikit ngga banyak. kalau gue liat nih, mata kuliah yang berpotensi pake hitungan itu ada ADMINISTRASI KEUANGAN NEGARA, AKUNTANSI BIAYA, MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS, dan PENGANTAR AKUNTANSI. lainnya ya gitu-gitulah. banyakan teori dan hapalan dari bapak-bapak sosial yang agak mumet juga sih bacanya tapi seru.

3. jadi, kalau gitu sebenarnya administrasi negara itu belajar apa kak?
administrasi negara itu menurut gue pribadi sih, intinya belajar membuat sesuatu yang berguna bagi nusa dan bangsa #Ceilah. jadi gini maksudnya. misalnya masalah di Indonesia ini apa? kita anggap aja masalah yang urgent banget di indonesia sekarang itu adalah rasio jomblo yag sudah melebihi kapasitas normal. negara udah ngga sanggup lagi ngurusin para jomblo. para jomblo pun merasa marah dan menuntut haknya ke pemerintah kayak gini :
udah jomblo, nyusahin pula. ckckck
nah disini perannya anak administrasi negara! kita-kita, harus nyari solusi supaya para jomblo ini nggak nyusahin negara lagi. Solusi ini melahirkan kebijakan baru. tapi untuk buat kebijakan pun ngga sembarang, menurut bukunya Miftah Toha, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, ada serangkaian proses buat membuat sebuah kebijakan,
1. Identifikasi Persoalan
identifikasi persoalan sama kayak rumusan masalah kalau di SMA. nah disini kan kita udah tahu kalau masalahnya yaitu "Kaum Jomblo yang Tertindas di Indonesia" jadi kita tanya pake rumus 5W+1H dulu.
apa itu jomblo? jomblo adalah kaum marjinal yang haus kasih sayang. beda sama single yaa. single itu prinsip kalau jomblo itu nasib. kenapa jomblo bisa banyak? ya gue kagak taulah, jawab sendiri aja. apa dampaknya? apa penyebabnya? nah pertanyaan pertanyaan kayak gitu akan membawa kita ke tahap pembuatan kebijakan yang kedua, jengjengjeng

2.perumusan usul-usul kebijakan (Policy)
jadi, setelah bertanya-tanya apa itu jomblo kenapa jomblo itu bisa ada di dunia kenapa jomblo itu tertindas kenapa jomblo itu nyebelin dan lain-lain pasti kita bertanya-tanya, lantas kalau gitu, solusi apa yang bisa kita buat supaya jumlah kaum jomblo ngga semakin banyak di indonesia? nah disinilah kita perlu ngeluarin ide-ide kece kita. apa aja. entah buat pelatihan. entah buat sesi ceramah. ntah buat sosialisasi pemanfaatan jomblo dari pemerintah. pokoknya suatu ide yang membuat kaum jomblo seneng dan setidaknya ngga demo-demo gak jelas lagi


3. Pengesahan Kebijakan
nah disini ide-ide kita tadi kalau udah sepakat bakal di sahkan sebagai undang-undang hukum dan wajib di taati. misalnya hasil dari perumusan usul tadi adalah berupa peraturan  yaitu : yang udah punya pacar dilarang upload foto pas malem minggu atau mereka terjerat pasal sekian undang-undang sekian. wah kalau begini kan jomblo bisa sejatera ya.

4.Pelaksanaan Kebijakan
 nah disini kebijakannya dilaksanakan lah. terus dipantau juga. mungkin ada percobaannya gitu dulu kali ya. misalnya masa percobaan 9 bulan dulu. diliat ada pengurangan jumlah nggak dari jomblo-jomblo ini.

5.evaluasi kebijakan
disini kita evaluasi, apa yang salah dari kebijakan itu. apa yang harus di revisi. ya ngga apalah itu di revisi asalkan cinta kita ngga di revisi kan #kenatampar.

nah kira-kira itulah gambaran yang di pelajari di administrasi negara. selain itu lo juga belajar berpolitik ( teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik dari wikepedia main copas aja), belajar sosiologi  (belajar prilaku manusia), belajar antropologi (belajar budaya) dan lain-lain. kalo gue pribadi sih gue nggak nyesel masuk administrasi negara karena gue udah survei dari awal dan administrasi negara emang sesuai banget sama gue. ya gue emang suka mikir solusi-solusi gini sih.

4. Oh gitu ya kak. tapi kalau gitu, nanti kerjannya dimana kak?
kerjanya yaa standar lah. jadi PNS, kerja di pemerintahan. jadi diplomat bisalah. kalau yang gue baca di internet sih gitu. tapi lo tetep bisa buat yang biasa-biasa aja jadi luar biasa. kayak gini, nah memang administrasi negara ini standarnya nanti bakal jadi PNS. tapii kalau lo serius belajar disini dan lo bisa buat kebijakan yang bener-bener berguna buat masyarakat sekitar elo, elo akan sadar sendiri kalau hidup itu ngga melulu soal jabatan. tapi seberapa besar lo bermanfaat bagi manusia yang lain. lo akan dapet kepuasan sendiri ketika berhasil bikin kebijakan baru yang bisa bikin masyarakat tersenyum ketika ngeliat elo. terus ada lagi yang bilang "terimakasih ya. berkat kamu anak saya bisa sekolah" waduhhh keren bener kan. intinya, selain kreatif kata kunci dari anak administrasi negara itu adalah peka terhadap masalah sosial. tapi ingat, jangan peka ke masalah sosial aja. peka juga dong sama yang udah capek ngodein kamu . ingat jangan baper.

5. ah ga seru kak jadi PNS. katanya PNS itu mesti pake orang dalem. pengen yang lain kak. apaan ya?
wah lo bisa jadi apapun yang elo mau kok. ngga mesti jadi PNS juga. toh banyak juga anak sarjana teknik kerja di pemerintahan. yaa anak administrasi negara juga bisa jadi apa aja. jadi pelawak pun boleh.kalo bosen lo juga bisa berwirausaha. lumayan nambahin enterpreneur indonesia. intinya, dimana-mana ilmu ini kepake. tapi ya emang lahannya anak administrasi negara yaa di pemerintahan. intinya terus aja gali dan asah bakat serta hobi-hobi lo. nanti belakangan lo pasti ketemu kerjaan yang terbaik buat elo :)

6. anak ilmu administrasi negara yang famous siapa aja kak?
 
kece-kece kan mukanya XD

sumpah aku asal comot foto kakak senior. yang pasti dua diantaranya adalah anak forum indonesia muda. satu ketua panitia acara nasional Green Youth Camp 2016. satu pelawak yang namanya lagi-heboh-hebohnya main film, kita sebut saja filmnya Comic 8.satu adalah Ketua KOPHI Sumut, satu relawan aksi indonesia muda. satu lagi kemarin jadi pelaksana rektor usu. semuanya usu punya. maafkan junior kalian ini yang ngambil foto ngga minta izin dulu para sesepuh..


naaah segitu dulu deh review gue tentang ilmu administrasi negara. kalau ada yang mau ditanya silahkan komen yaak adek-adek SMA yang budiman~