Review Lingkungan Kosan di Jatinangor

Penting untuk para mahasiswa baru, khususnya yang merantau, untuk mengenali lingkungan sekitaran universitas yang akan ia tinggali setidak-t...

Penting untuk para mahasiswa baru, khususnya yang merantau, untuk mengenali lingkungan sekitaran universitas yang akan ia tinggali setidak-tidaknya tiga tahun. namun, sangat sedikit sekali artikel-artikel berisi review seputar jatinangor yang dapat ditemukan di pencarian google. oleh karena itulah, saya berinisiatif untuk membuat artikel ini, dalam rangka membantu adik-adik dalam mengenali lingkungan kosan di sekitaran jatinangor. lokasi-lokasi yang saya review adalah lokasi-lokasi sekitaran kosan saya juga atau yang sudah saya kunjungi jadi informasinya akan lebih real dan sesuai kondisi aslinya.


Sekilas lingkungan sekitar Jatinangor
seperti yang kalian ketahui, Jatinangor adalah wilayahnya orang sunda jadi sudah pasti orang-orang di jatinangor bicara dengan logat sunda,blasteran indo-sunda atau bahkan ada yang ngomongnya pure sunda semua dan kalian ga bakalan ngerti kalau kalian orang sumatera, kalimantan atau papua asli. jadi, sesuai dengan suku yang ada maka kebudayaannya juga mengikuti budaya sunda. Jatinangor dapat saya katakan sebagai lingkungan yang kota banget di depan, namun masih pure desa di belakang.

1. Gang mawar I dan II
gang ini merupakan gang sempit berisi rumah-rumah kosan yang sangat padat. jalannya kecil, hanya bisa dilewati oleh motor saja. untuk harga kosan sangat variatif. untuk anak FISIP dan FIB gang mawar I dan II merupakan tempat yang ideal untuk dijadikan kosan karena jaraknya yang dekat ke FISIP dan FIB. namun pada malam hari gangnya memang cukup gelap dan menurut saya lumayan serem untuk di lewati sendirian.

2. Cisaladah
Jalan di Cisaladah besar, dapat dilewati oleh mobil. tapi cisaladah buntu di belakangnya, berbatas dengan jembatan cincin. di Cisaladah harga kosan juga sama variatifnya namun ada beberapa kosan yang baru selesai dibangun dan lumayan mahal namun menjanjikan fasilitas yang lengkap. di Cisaladah juga terdapat 1 mesjid besar dan satu lagi mesjid sederhana jadi jangan khawatir tidak akan terbangun saat adzan. Cisaladah juga lokasi ideal bagi anak fisip dan fib karena untuk menuju kampus bisa lewat jalan belakang yang langsung tembus ke fib. Lingkugan Cisaladah juga termasuk lingkungan yang aman karena rsio warga asli dan mahasiswanya masih seimbang jadi kearifan lokalnya masih terjaga. sangat jarang terdengar ada kejahatan yang terjadi di sekitar lingkungan Cisaladah

3. Ciseke Besar
Ciseke merupakan lokasi kos-kosan yang sangat dekat dengan gerbang lama unpad dan aksesnya juga mudah karena lokasinya di tegah-tengah. walaupun begitu, pada saat musim penghujan Tempat ini rawan untuk terkena banjir di sebagian besar wilayahnya. dan juga karena rasio penduduk asli dan mahasiswa sudah lebih banyak mahasiswa, otomatis lingkungan ciseke jadi sangat individualis.

4. Ciseke Kecil
ciseke kecil merupakan tempat dengan jalan kecil yang berada di sebelah instamie. bersebelahan dengan ciseke besar. disini banyak tersedia tempat makan, dan harga-harga kosan juga variatif.

5. Sayang
Sayang merupakan lokasi kos-kosan yang paling dekat dengan mall Jatinangor Town Square sehingga akses menuju ke mall itu menjadi lebih mudah. di sayang kos-kosan juga berbentuk gang-gang dengan daerah yang padat rumah kosan seperti halnya gang mawar. namun karena lokasinya yang cukup jauh dari kampus maka akan cukup melelahkan untuk jalan. jalan di depan sayang juga searah.

nb : postingan ini masih bersambung, nanti saya akan upload foto lokasinya

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images