Slumdog Millioner : Realita di Sudut Kota India

"jamal malik is one question away from winning 20 million dollar. what di he do it?" a. He's Cheated b. He's Lucky ...

"jamal malik is one question away from winning 20 million dollar. what di he do it?"
a. He's Cheated
b. He's Lucky
c. He's Genius
d. It Is Written

Setiap manusia yang hidup di bumi ini punya takdirnya masing-masing. keseluruhan dari takdir itu unik. Layaknya manusia di muka bumi ini tidak ada yang persis sama bahkan kembar identik sekalipun, begitupun takdir. ia unik, setiap takdir diciptakan untuk satu manusia. salah satu cerita dari sebuah takdir kita dapatkan dalam Slumdog Millioner, sebuah kisah mengenai takdir seorang anak dari perkampungan kumuh yang diremehkan namun mendadak jadi jutawan berkat pengalaman hidupnya.

seperti biasa, saya lebih suka membahas kekurangan dari sebuah film dulu karena saya suka happy ending. kekurangan film ini menurut saya ada di akhir filmnya yang menurut saya sangat gantung dan klasik. adegan first kiss lalu  di sambung dengan joget-joget ala film india serta masa yang datang entah darimana. tapi, lucunya akhir yang menggantung selalu saya temukan di setiap film ataupun novel yang bagus. seolah sang penulis mengatakan "gunakan imajinasimu untuk menyelesaikan ceritanya". bagus sih, tapi saya berekspektasi lebih sebenarnya untuk akhir cerita film ini.

dan kabar baiknya adalah.. saya meraa cuma itu kekurangan yang ada di film ini. selebihnya... brilian!

Dev Patel dapat memainkan peran Jamal dengan baik sekali. seorang lelaki baik, pintar, tapi polos terlihat dari sosok Jamal yang diperankan oleh Dev. Namun sosok jamal juga digambarkan memiliki kekurangan, tidak berlebihan seperi penggambaran tokoh utama pada umumnya, yang menggambarkan bahwa tokoh utama akan selalu bersifat heroik. Jamal tetap dengan segala kepolosannya dan insting untuk selalu mengikuti abangnya, Salim yang beberapa kali bersikap heroik menyelamatkan Jamal namun bersikap jahat juga. Jamal sesosok anak yang akan sukses seandainya ia hidup di tengah keluarga kaya namun melalui serangkaian takdir yang unik, pengalaman hidupnya membuat ia berhasil memenangkan uang yang sangat besar.

Belum lagi realita perkampungan kumuh yang disajikan di sepanjang pemutaran filmnya. aku sampai merasa jijik plus terharu sendiri melihat perjuangan jamal kecil untuk bertemu sang idola (silahkan  tonton sendiri dan kamu akan mengerti maksud saya). mau bilang itu sangat ngga mungkn tapi yah mungkin itu juga terjadi di suatu tempat. realita seorang anak miskin yang sangat ingin bertemu dengan idolanya sampai melakukan segala cara dan puncaknya... silahkan tonton sendiri

hal menarik yang saya lihat di film ini adalah adegan saat ibunya Jamal dibunuh oleh preman. yang dikatakan jamal adalah "jika itu bukan untuk Rama dan Allah.. aku pasti masih memiliki ibu". ternyata, perkampungan ini diserang dan orang orangnya dibunuhi ini adalah perkampungan islam. doi dibunuh karena dia orang islam. ini ngebuat aku sendiri penasaran. memang yang kaya gini terjadi di india? sampai aku sadar, kalau ini bukan hanya terjadi di india, ini terjadi di seluruh dunia. apalagi sekarang, dimana orang islam ditakuti tapi di satu sisi ketakutan yang tak beralasan itu malah menjadikan orang-orang parno itu untuk menjadi apa yang dia takuti sendiri. maksudku, karena prasangka mereka yang mengatakan bahwa umat islam adalah orang jahat, untuk 'menghilangkan' orang jahat tersebut, mereka menjadi orang jahat itu sendiri. masuk akal tidak? kalau menurutku sih tidak masuk akal.

Overall, aku suka banget sama film ini. film yang udah kucari-cari selama berbulan bulan akhirnya terdownload juga.selamaat menonton!


You Might Also Like

0 comments

Flickr Images