Tips Memilih Tas Untuk Mahasiswa Aktivis

  Bagiku, memilih tas itu sama aja kaya milih pasangan. Karena tas itu akan menemani aku bertahun tahun sampai dia rusak dan memang ga ...


Bagiku, memilih tas itu sama aja kaya milih pasangan. Karena tas itu akan menemani aku bertahun tahun sampai dia rusak dan memang ga bisa dibenerin lagi. Jadi aku juga ga sembarang pilih tas. selalu aja kalau aku milih tas dengan sebelumnya bertanya dulu sama orang lain, pada akhirnya tas itu ngga kepake. makanya untuk milih tas itu aku harus bener-bener jalan sendiri keliling sampai bener-bener nemu yang cocok buat aku.

Masalah milih tas ini juga sebenarnya cocok-cocokan. ada beberapa tas yang walau bagus tapi ngga pernah aku pake karena ada yang cewe banget, ada yang cowo banget, ada yang talinya kekecilan lah. ada yang ngga kuat. ada yang kantongnya sedikit, ada yang gada mantelnya. sampe mama itu selalu marah kalau nemenin aku beli tas karena aku banyak maunya. ya iyalah, aku selalu berusaha nyari yang terbaik entah itu tas sekalipun supaya aku nantinya ga menyesal, hehe.

Mengenai judul dari postingan ini, penting banget untuk anak aktivis itu memilih tas yang tepat. selain karena keterbatasan waktu, anak aktivis biasanya juga punya keterbatasan kantong. bukan dalam artian kantong kering sih, tapi biasanya anak aktivis itu punya banyak pertimbangan sehingga mereka pasti akan lebih suka untuk menginvestasikan uangnya di tempat lain daripada untuk beli tas banyak-banyak. tapi, kalau milih tas asal-asalan juga rasanya kurang bijak mengingat, anak aktivis itu biasa waktunya banyak dihabiskan di kampus dan ada hal-hal yang ngga terencana yang terkadang ngebuat anak aktivis terpaksa tidur di kosan temennya, di mesjid kampus, atau paling parah ngemper dijalan. untuk itu ada beberapa alat yang harus dibawa mahasiswa aktivis di dalam tas untuk menunjang aktivitasnya. untuk itulah, menurut saya kriteria tas untuk mahasiswa aktivis adalah:

1. Tas ransel
Mungkin bagi yang cewe pengen banget pake tas yang seperti dibawah ini :
 

Tapi buat kamu yang pengen, segeralah bertaubat. tas semacam itu cuma muat di taroh hp dompet doang. mungkin kalau kondisinya pada hari itu kamu tidak terlalu sibuk ya bisa. Tapi kalau di hari sibuk kamu bawa tas yang begini, mungkin hidupmu akan terganggu satu harian. kalau saran dari saya buat para mahasiswa aktivis, sebaiknya pilih tas ransel aja. tas ransel sekarang udah banyak yang modelnya imut-imut tapi tetep kuat kok, dan tas ini pastinya bakal lebih bisa buat kamu masukin alat-alat kamu yang penting dong ketimbang tas selempang biasa. lagianpun kalau kamu bawa tas selempang terus bawa yang berat-berat, itu bakal ngebikin massalah kesehatan baru untuk kamu, yaitu skoliosis. ransel juga berpotensi ngebuat kyphosis (bungkuk) sih, tapi itu tergantung kamu lagi bagaimana nge pasin barang bawaan kamu supaya ngga sampai terlalu banyak dan malah buat kesehatan kamu terganggu.  contoh merk tas yang kuat tapi tetep bagus modelnya itu ada eiger, visval, export, dan lain-lain.
Bukan Promosi Sumpah. cuma contoh.

 2. Berbahan Kain
 sesudah kamu menetapkan keputusan untuk memilih ransel, kamu harus memutuskan hal kedua : jangan yang berbahan kulit! kalau kamu beneran aktivis, pasti bakal banyak banget situasi yang mengharuskan kamu ngebawa laptop. ya bisa sih kamu bawa laptop kamu di dalam tas kulit kamu sekali sekali, tapi kalau sering-sering, tas kulit kamu bisa rusak! dan yang paling parah, kalau dia sobek ngga bisa dijahit! makanya kamu perlu milih tas berbahan kain yang so pasti kalaupun dia sobek atau bolong tetep bisa dijahit. jadi, kamu bisa bebas bawa apapun di dalam tas kamu tanpa ada ke khawatiran kalau tas kamu itu bakal rusak ataupun sobek.

3. Kuat!
Nah, kalaupun kamu milih yang bahannya kain tapi kainnya cuma selapis dan ngga di double lagi, itu sama aja bohong. kamu perlu memilih tas yang kuat pake banget dengan resiko sobek sangat kecil. kamu bisa ngerasain sendiri sih sebenarnya tentang kuatnya tas itu atau ngga. biasanya tas yang kuat itu ngga cuma selapis, tapi ada lapisan lagi di dalam tas yang kalaupun lapisan luarnya robek, biasanya lapisan dalamnya tetep ga robek. 

4. Tahan Air
Biasanya ada beberapa tas yang bahan luarnya pun udah tahan air jadi kamu bisa make tas itu tanpa perlu ribet-ribet pakai mantel tas. tapi kalaupun ngga kamu tetep bisa cari tas berbahan kain yang di bawah tasnya ada mantelnya. jadi kalau hujan tinggal dibungkus deh tasnya jadi tahan air

5. Besar
Besar disini ya maksudnya muat untuk barang bawaan dari mahasiswa aktivis tentunya. menurut saya sendiri ada beberapa barang yang wajib banget buat ada di dalam tas setiap mahasiswa aktivis
1.Buku agenda
2.Binder
3.Pulpen
4.Botol Minum
5.Perlengkapan cuci muka
6.Sikat Gigi dan odol mini
7.Laptop
8.Tisu
9.Hand Sanitizer
10.Buku kalau lagi bosan

6. Penghubung Handle Tasnya kuat
Ya iyalah, kalau handlenya ngga kuat bisa-bisa rusak pas dijalan. ini bisa bikin repot diri kamu sendiri. makanya periksa dulu penghubungnya itu, pastiin dia bukan sekedar plastik biasa jadi bisa menahan bobot tas kamu.

7.Yang terakhir, bikin nyaman.
Tolong jangan baper, maksud dari nyaman disini adalah yaa kamu ngga akan ngomel ketika dia ada di punggung kamu seharian penuh pun karena kamu udah nyaman sama si tas. kriteria nyaman itu adalah kamu yakin kalau akan bagaimanapun tas ini nantinya, entah warnanya akan semakin pudar, ataupun nanti bakal dijahit ulang, entah kancingnya rusak dan harus diganti ataupun tasnya nanti akan semakin jorok kamu akan tetep pake tas ini sampai tas ini bener bener ga layak lagi. haduh kaya nyari pasangan aja yak.

jika semua kriteria diatas telah terpenuhi, selamat! kamu sudah punya tas seorang mahasiswa aktivis dan selamat bertualang dengan tas barumu!


You Might Also Like

0 comments

Flickr Images