Tuhan, kenapa hidupku berantakan?

"kok hidupku berantakan banget sih" "aku pengen deh jalan hidupku mulus aja gitu.." Entah bagaimana dengan kalian,...

"kok hidupku berantakan banget sih"
"aku pengen deh jalan hidupku mulus aja gitu.."



Entah bagaimana dengan kalian, tapi aku sering berpikir begitu. lama-lama aku mikir juga, memangnya bener apa yang jalannya mulus itu pasti baik?

Sekilas memang garis yang mulus itu terlihat baik, kan? lancar aja gitu jalannya ngga ada gerigi geriginya beloknya juga cuman sekali, tapi kamu bisa liat ga kalau belok sekalinya yang mulus itu malah menjauhi jalan yang bener dengan lancar, tanpa hambatan. jadi semulus apapun jalan dia, tetep aja dia salah jalan. dia udah salah jalan dan tersesat. gabisa balik lagi.

Sekarang coba lihat lagi garis berantakan itu, memang berantakan sih, ga enak ngeiatnya. tapi dia belok belok juga dia masih kembali ke jalan yang bener. walaupun berantakan tapi akhirnya dia sampai ke tujuan.

Lalu, coba pikir lagi, bukankah garis itu sama dengan kehidupan? yah yang pasti ngga ada kehidupan manusia yang lurus terus sampai tujuan, pasti ada beloknya. tapi coba bayangkan kalau hidup kamu mulus, beloknya pun mulus. pasti kamu ga bisa balik karena kalau balik pasti path kamu bakal berantakan. bandingin kalau pathnya kamuitu berantakan tapi masih di jalur yang benar. pasti lebih asik sih menurutku.

Lagianpun, hidup ga bakal berasa juga sih kalau seumur hidupmu jalan kamu itu mulus terus. hidup itu pasti ada belok-belok, salah jalan, tersesat balik lagi, bukannya tersesat terus aja. faktanya, orang yang hidupnya sempurna banget pun pengen hidupnya ngga sempurna, pengen hidupnya ga lancar-lancar terus. sebenarnya, kalau jalan hidup kita berubah tiba-tiba jadi seperti yang kita inginkan pun kita tidak akan bisa puas. Jadi, daripada menghabiskan waktu untuk bertanya tanya kenapa jalan hidupmu begini begitu, kenapa kamu ngga mulai terlebih dahulu untuk bersyukur akan semua hal, yang baik maupun yang buruk yang telah terjadi dalam hidupmu, berfokus pada kebahagiaanmu dan keluargamu, dan percaya aja, kalau saat-saat yang sulit itu cepat atau lambat akan berlalu. logikanya hidup manusia kan dinamis, jadi ngga mungkin kamu kena kesulitan terus. kalau kamu kena kesulitan terus itu berarti bukan hidupmu, tapi cara pikirmu yang harus dipertanyakan!

Note: Tulisan ini ditunjukkan untuk diriku sendiri, yang masih sering iri-irian sama jalan hidup orang.

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images