Cara Belajar SBMPTN yang Efektif

Kalian yang pada nyasar ke blog ini, punya kebingungan yang sama denganku, satu tahun yang lalu. aku waktu itu bingung gimana belajar S...



Kalian yang pada nyasar ke blog ini, punya kebingungan yang sama denganku, satu tahun yang lalu. aku waktu itu bingung gimana belajar SBMPTN yang efektif sementara waktunya singkat banget. sebenernya strategi belajar yang efektif udah dibuat sama zenius secara lengkap, cuma aku pengen nge-share aja cara belajarku waktu SBMPTN tahun lalu, hehe.

LANGKAH 1 : SIAPKAN NIAT
Hal pertama yang kamu harus lakukan sebelum melakukan hal lainnya adalah : Niat. kamu harus siapkan niat yang benar, kamu harus punya niat yang baik untuk kelulusan SBMPTN kamu. kamu ga akan bisa lulus kalau niat kamu cuma setengah setengah dan ga serius di SBMPTN ini.

LANGKAH 2 : KELOLA MENTAL
Setelah punya niat yang baik dan ga setengah-setengah, hal kedua yang harus kamu lakukan adalah percaya bahwa SBMPTN itu menyenangkan dan sama sekali ngga susah. kalau aku sendiri, pengalaman dulu waktu aku belajar SBMPTN aku jauh lebih enjoy daripada saat aku belajar di sekolah. pikirkan, ketika di sekolah kamu harus mempelajari semuanya, baik pelajaran yang kamu suka ataupun tidak, namun itu ngga perlu di SBMPTN. kamu cuma perlu mendalami topik yang kamu bener-bener sukai dan just fokus on it. alasannya gampang. Peraturan SBMPTN yang kalau benar dapet 4, salah -1, dan kalau dikosongkan 0 itu memberikan kita pilihan untuk lebih baik mengosongkan soal yang kita ngga tau jawabannya. jadi, daripada menduga-duga, lebih baik tinggalkan aja soal yang sulit.

Singkatnya, kamu harus bahagia! jangan dibawa stress, anggap SBMPTN sebuah game yang akan kamu mainkan

LANGKAH 3 : PERSIAPKAN ALAT TEMPUR
untuk persiapan alat tempur, pengalamanku sendiri aku menyiapkan barang-barang dibawah di masa sebelum aku belajar :
1.Buku kumpulan soal GO (Alternatif : Kumpulan soal Zenius)
buku kumpuln soal ini fungsinya buat memudahin kamu untuk belajar sesuai dengan judul materinya giu, jadi kamu bisa fokus dulu ke satu topik sebelum ngecampurin semua materinya. untuk alternatif kamu bisa download aja judul judul materi di zenius dan juga ada soal-soal yang udah di kelompokin sama zenius ya tapi ngga sebanyak yang di buku GO sih soalnya. lumayan tapi bisa untuk belajar hehe
2. buku SMS GO
fungsi dari buku SMS GO ini sebenernya buat ngeliat passing grade semua jurusan dan universitas buat nantinya jadi patokan kamu sih. aku pribadi ngerasa kebantu banget karena dengan buku ini aku bisa memetakan univ dan jurusan yang mana kira-kira yang bisa aku capai dan mana yang ngga terus dari hasil try out aku aku coret deh yang ngga mungkin dan lingkarin yang mungkin gitu.
3. Video Materi Zenius,
nah kalau yang ini tergantung kamu sih,kalau kamu udah les mah ya udah enak, tapi kalau kamu belum ada pembimbing lebih baik kamu itu pake video zenius sih. dulu aku nyoba beli pake paket yang 33.000 buat yang seminggu, terus ketagihan dan akhirnya beli yang 6 bulan deh. lumayan banget buat temen belajar malem-malem. apalagi dengerin suaranya Sabda itu bikin belajar jadi ga bosen deh. cobain!
4. Lembar Jawaban Try out,
 nah ini bisa kamu download di internet dengan bebas kok, berapa lembarnya di sesuaikan aja sama jumlah TO yang pengen kamu laksanain, kalau aku sih sarannya dua minggu sekali, supaya kamu tetep bisa evaluasi terus kurangnya kamu dimana dan segera bisa diperbaiki gitu.
5. soal try out da kunci jawabannya
soal try out bisa kamu cari aja di internet soal-soal SBMPTN tahun tahun yang lalu, bebas dan itu juga disesuaiin aja sama jumlah kau try out nya mau berapa kali.
6. pensil,
7. pulpen,
8. setip,
9. rautan,
9. kotak pensil,
10. papan ujian
11. lembar Evaluasi
lembar evaluasi ini kaya semacam buku laporan hasil kamu gitu, ini juga penting sih mengingat kamu kan perlu evaluasi dan harus tau juga kemampuan kamu sudah sejauh mana

LANGKAH 4 : ANALISA MEDAN PERANG
Beralih ke langkah yang lebih berat. sebelum mulai untuk berperang, kamu harus tau medan yang akan kamu hadapi, kemampuan lawanmu, bagaimana soalnya, peraturan, teknis pendaftaran dan lain-lain. analisa medan perang juga mempunyai beberapa tahap lagi yaitu:
4.1.1. Tentukan beberapa universitas yang kamu minati dan di jurusan apa. Di tahap ini kamu belum perlu mempertimbangkan passing gradenya. pilih saja tempat yang kamu suka serta jurusan yang kamu anggap menarik lalu tandai dengan stabilo
4.1.2. setelah melingkari itu, lihat passing grade tertinggi dan terendah dari univ dan jurusan yang jadi target kamu. ini nantinya akan jadi patokan kamu untuk mencapai target terendah dan harus sampai sejauh mana kamu melangkah
4.1.3. setelah menemukan passing grade terendah yang harus kamu lewati, konversikan jumlah passing grade itu ke jumlah soal yang ketika kamu mengerjakannya kamu harus benar. contohnya passing grade 50% berarti kamu setidaknya harus benar sebanyak 75 soal dan itu sudah dihitung dengan nilai minus. 
persiapan passing grade selesai. sekarang mari beranjak ke strategi belajarmu.
4.2.1. lihat ke halaman daftar isi buku kumpulan soal itu. Lingkari topik mana saja yang kamu suka untuk kamu pelajari.kalau kamu tidak punya buku kumpulan soal GO, kamu juga bisa cek zenius, disitu judul judul materi udah dibuat dalam bentuk gambar dan lengkap juga.
4.2.2. setelah selesai menentukan topik apa aja yang akan kamu pelajari, hitung waktu yang kamu punya untuk belajar. misalnya kamu mulai belajar 2 bulan sebelum SBMPTN, berarti kamu masih punya 60 hari lagi, dikurang sama waktu try out 4 kali, hari tenang 2 hari, pendalaman 10 hari dan hari toleransi (kalau tiba-tiba diajak jalan jalan sama orang tua, tiba tiba sakit, dll) 4 hari, jadi waktunya ada 40 hari lagi. kalau kamu berencana untuk memahami setiap topik dalam waktu 1 hari, berarti kamu bisa mempelajari sebanyak 40 topik dalam waktu dua bulan itu. tapi itu sebenarnya optional, ga perlu maksain sampe 40 topik juga. saran aku kamu bisa buat target gitu, bates topik yang harus kamu pelajari dan memang kamu sukai misalnya ada 35 topik, yaudah kamu bisa jadiin itu target minimal topik yang tuntas kamu bahas aja. kalau udah lewat 35 topik dan kamu ngerasa cukup yaa itu aja yang di dalemin, pakai sisa waktu 5 hari buat ngedalemin topik yang udah kamu pelajari kemarin-kemarin. Oh iya dalam ngebuat jadwal itu jadiin ceklis ya, jangan buat dalam bentuk tanggal segini kamu harus belajar topik 1, nanti jadinya terlalu kaku dan kamu malah jadi ga ngelaksanain itu jadwal.

LANGKAH 5 : LAKSANAKAN
yang paling penting dari semua persiapan diatas yang ini, ya pelaksanaannya. disini kamu perlu bener-bener fokus ya, jangan ngerjain yang lain dulu. kalau waktu yang tersisa juga cuma satu bulan, asalkan kamu fokus bisa kok.

LANGKAH 6 : EVALUASI
nah yang ga kalah penting adalah evaluasi kesiapan diri kamu, seberapa jauh kamu udah menguasai materi. try out itu langkah evaluasi yang paling ngegambarin kesiapan kamu. normalnya, kalau kesiapan kamu makin bagus harusnya nilai try out kamu makin bertambah bukannya makin berkurang. kalau memang berkurang, tandanya kamu harus lebih on fire lagi! hehe


LANGKAH 7 : JAGA KESEHATAN
Yang tidak kalah penting untuk kamu persiapkan selama SBMPTN adalah kesehatan kamu! banyak banget kejadian anak yang udah mati-matian belajar SBMPTN tapi karena ngga merhatiin kesehatannya sendiri jadi nge-drop pas di hari-Hnya. nah jadi kamu juga perlu take care kesehatan kamu sendiri. dan jaga kesehatan ini bukan sekedar buat kesehatan kamu ajasih, ini juga buat otak kamu biar lancar pas SBMPTNnya. Jadi untuk jaga kesehatan yang harus kamu lakuin adalah :
1. Olahraga guys, olahraga bukan sekedar untuk kesehatan tubuh aja sebenarnya tapi olahraga juga mampu meningkatkan kinerja otak loh. karena dengan olahraga suplai oksigen ke otak kita otomatis bertambah. jadi, mulai sekarang rajin rajin olahraga ya!
2. makanan, makanan yang aku saranin untuk kamu makan yaa sayuran hijau dan ikan-ikanan. Terus kalau bisa ditambahin dengan Minyak Ikan, Madu, atau vitamin C. tapi untuk suplai vitamin minyak ikan sama madu itu optional yaa guys, jangan gara gara aku bilang gini, kalian jadi merasa penting banget buat ngebeli itu sampe kalian maksain orang tua kalian buat beli itu. itu fungsinya memang juga membantu kinerja otak dan menambah stamina tubuh tapi tanpa itu juga gapapa asalkan pola makan kalian sehat aja.
3. untuk jajanan manis, sebenarnya setiap orang punya toleransi yang berbeda untuk makanan-makanan tertentu, namun menurut huffington post, gula sendiri tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh ataupun kesehatan otak kamu. bahkan suatu artikel berjudul "How Does Sugar Affect Your Brain? Turns Out In A Very Similar Way To Drugs And Alcohol"  menyatakan bahwa efek makanan gula itu hampir sama dengan narkoba dan alkohol. arkoba dan alkohol-dua hal yang sama-sama merusak otak. jadi, saran aku sendiri, lebih baik khususnya menjelang SBMPTN ini, lebih baik kurangi dulu memakan biskuit,biskuit ringan dan minuman manis, coba makan secukupnya dan makan yang sehat supaya kamu bisa menghadapi SBMPTN dengan lancar
4. minum air putih yang banyak juga yaa guys. minum air putih itu dapat meningkatkan konsentrasi kamu loh. udah pada nonton iklan aqua kan? lihat efek buruk dari kurang minum air putih. pasti dong kamu ngga mau mengalami hal yang sama. jadi minum air putih yang banyak yaaa

LANGKAH 8 : DOA
yang paling penting dari seemuanya, doa! doa bukan sekedar doa loh ya, doa yang baik itu bener-bener menaruh hati kita dalam setiap ucapan doa, bukan doa yang sekedar ngucap aja terus lewat tapi berharap mau dikabulin sama Allah. yang tulus gitu doanya. aku sendiri ngenyaranin kalian yang mau SBMPTN buat shalat Istikharah (untuk menentukan univ dan jurusan terbaik), shalat tahajjud (buat minta doanya dikabulin) dan shalat dhuha (supaya rezeki kalian bagus). yaa sebenarnya shalat kaya gini pamrih banget ya, tapi manatau setelah SBMPTN kalian jadi ga bisa ninggalin lagi habit buat shalat sunnah gini, kan lebih baik kan. terus ada juga doa yang bisa kalian amalkan setiap selesai belajar ilmu yang  bermanfaat. namanya doa "Kafaratul Majelis". doanya bagus loh,  

LANGKAH 9 : SEDEKAH


LANGKAH 10 : MINTA RESTU ORANG TUA

LANGKAH 11 : MELEPASKAN AMBISI
Ini langkah penting terakhir yang harus kalian lakukan. mungkin kelihatannya remeh, kan? tapi ada berapa ratus ribu yang depresi gara-gara ga lulus SBMPTN? ada berapa yang gagal karena merasa passing gradenya cukup tinggi untuk masuk ke univ dan jurusan tertentu tapi ketika ia gagal ia marah dan tidak terima, dan pada akhirnya menyalahkan orang-orang di sekitarnya? bagaimanapun, jalan orang berbeda-beda. Allah juga udah ngasih rezeki untuk masing-masing orang. Jadi, kamu boleh menginginkan sesuatu, tapi peraturannya adalah jangan pernah menginginkan sesuatu yang bersifat duniawi itu secara berlebihan. inginkan sesuatu itu biasa-biasa aja. kamu juga pasti pernah denger kan anak yang biasa-biasa aja, ga heboh pengen masuk univ ini pengen masuk univ itu, tiba-tiba masuk univ yang keren banget padahal dianya mah biasa aja. atau cerita tentang anak yang ngebet banget pengen masuk univ tertentu dan pas ketolak dia depresi. intinya cintai sesuatu itu dengan biasa aja. kalau sekarang kamu masih heboh banget dan stuck pengen di satu univ tertentu, saran aku, mulai lepasin ambisi kamu itu. jangan salah, ambisi yang besar juga terkadang bisa jadi boomerang sendiri buat kamu karena ambisi itu dalam suatu waktu bisa jadi beban buat kamu. kalau kamu harus masuk , harus masuk, dan akhirnya kamu kehilangan kesenangan dari belajar itu sendiri. hanya nikmati proses belajar kamu itu, dan apapun hasilnya, bersyukurlah! ingat apa yang jadi rezeki kamu pasti ngga akan tertukar sama orang lain, jadi just put your trust in Allah and you can face the world with smile in your face :) maaf kalau quotenya jelek hehe

LANGKAH 12 : SELAMAT BERPERANG!
Eksekusi! satu hari sebelum SBMPTN ingat jangan coba coba belajar lagi. ini waktunya untuk nenangin otak. jangan coba-coba buat buka buku lagi. percaya aja sama diri kamu dan sama tuhan. udah deh besoknya ujian, dan selesai ujian ga usah buka buka kunci jawaban bimbel dulu, aku pernah kena zonk gara gara buka kunci jawaban dari internet dan ternyat kunci jawabannya salah dan aku udah terlanjur lemes sendiri karena passing gradenya jadi ga sesuai target :( jadi yang perlu kamu lakuin just calm down and wait till the result announced.

Link-link yang mungkin berguna :
Strategi Belajar SBMPTN
Tips membuat jadwal belajar SBMPTN

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images