Semua tentang Administrasi Publik Universitas Padjadjaran

Salah satu masalah terbesarku pada masa-masa pemilihan universitas dan jurusan yang ku tuju adalah : minimnya informasi mengenai hal-hal t...

Salah satu masalah terbesarku pada masa-masa pemilihan universitas dan jurusan yang ku tuju adalah : minimnya informasi mengenai hal-hal tersebut. Kalaupun ada informasinya hanya mencakup hal-hal yang umum saja, tidak menyangkut hal-hal penting yang aku inginketahui mengenai kampus tersebut. Oleh karena itulah, aku ingin membagi pengalamanku selama kuliah di jurusan Administrasi Publik FISIP UNPAD (yang selanjutnya kusebut AP) untuk pertimbangan kalian, adik-adik yang ingin kuliah di Administrasi Publik FISIP UNPAD.
administrasi publik unpad

Dosen
Dosen di AP secara umum asik, selama kuliah tiga semester ini aku merasa mendapatkan banyak banget ilmu yang bisa langsung diterapkan dari mereka. Secara umum dosen-dosen di FISIP UNPAD berpenampilan rapih, terstruktrur dan easy going. Aku punya seorang dosen yang minggu ini dia di Inggris, dan minggu depan dia sudah berada di Jepang. Cara dia mengajar asik sekali. Setiap akhir kelas dia bilang “Ilmu yang sudah saya bagi, jangan dibuang sia-sia ya. Gunakan. Jadi saya tidak punya beban moral lagi, karena kalau seandainya saya besok meninggal, saya udah ngebagiin ilmu-ilmu yang saya punya ke kalian”. Bukan itu saja, dia bisa membagikan cokelat oleh-oleh dari jepang dengan gaya yang sombong tapi gak ngeselin. Pada intinya semua dosen-dosen di AP itu asik-asik dan enak ngajarnya.
Mata Kuliah
No
Kode
Mata Kuliah
Semester
SKS
1
170110_G10A106_61
Dasar-Dasar Ilmu Administrasi
1
2
2
170110_UNG10001_61
Pendidikan Agama
1
1
3
170110_UNG10002_61
Pendidikan Pancasila
1
1
4
170110_UNG10003_61
Kewarganegaraan
1
1
5
170110_UNG10006_61
Keterampilan Belajar dan Literasi Informasi
1
1
6
170110_UNG10007_61
Olahraga, Kesenian & Kreativitas
1
1
7
170110_UNG10008_61
Sosio Humaniora (Kluster)
1
2
8
170110_UNG10009_61
Manusia dan Sains
1
2
9
170110_UNG10101 _61
Dasar-Dasar Ilmu Sosial
1
3
10
170110_UNG10102_61
Dasar-Dasar Ilmu Politik
1
3
11
170110_G10A201_61
Kewirausahaan
2
3
12
170110_G10A206_61
Sistem Hukum Indonesia
2
2
13
170110_G10A209_61
Manajemen Sumber Daya Manusia
2
3
14
170110_G10A301_61
Teori Organisasi (IAPA)
2
3
15
170110_G10A211_61
Filsafat Ilmu
2
2
16
170110_G10A215_61
Manajemen Perkantoran
2
2
17
170110_G10A101_61
Pengantar Ilmu Administrasi Publik
2
3
18
170110_G10A301_17
Perencanaan Sumber Daya Manusia
3
4
19
170110_G10A302_17
Manajemen Pelayanan Publik
3
3
20
170110_G10A305_61
e-Government
3
3
21
170110_G10A306_61
Hukum Administrasi Negara
3
3
22
170110_G10A210_61
Ekonomi Sektor Publik
3
3
23
170110_G10A402_61
Perilaku Organisasi
3
3
24
170110_G10A505_61
Kepemimpinan
3
3
25
170110_G10A403_61
Komunikasi Organisasi (Persuasif/IAPA)
4
3
26
170110_G10A406_61
Manajemen Kinerja
4
3
27
170110_G10A401_61
Kebijakan Publik
4
3
28
170110_G10A503_61
Pengembangan Organisasi
5
3
29
170110_G10A504_61
Metode Penelitian Sosial
5
3
30
170110_G10A506_61
Manajemen Aset
5
3
31
170110_G10A507_61
Formulasi Kebijakan Publik
5
3
32
170110_G10A508_61
Metode Penelitian Kuantitatif AP
5
3
33
170110_G10A509_61
Otonomi Daerah & Desa
5
3
34
170110_G10A510_61
Isu-isu Organisasi Publik
5
3
35
1701100103071162009
Manajemen Kinerja
7
3
36
1701100108000012009
Seminar Usulan Penelitian
7
1
37
1701100306000072009
Kuliah Kerja Nyata
7
3
38
1701100307000012009
Administrasi Publik Kontemporer
7
3
39
1701100307000022009
Ekologi Administrasi
7
3
40
1701100307000032009
Keuangan Daerah
7
3
41
1701100508000022009
Skripsi
7
5
42
1703100305000082009
Human Service Organization
7
3
Total SKS
111

Sistem Belajar
Semester awal kita diperkenalkan dengan sistem Tahap Persiapan Bersama (TPB) dimana disini kita dicampur dengan mahasiswa/I seluruh unpad, jadi satu kelas kamu itu bisa anak kedokteran, geologi, biologi dll. Disini kita belajar mata kuliah umum kaya Agama, keterampilan belajar dan Literasi Informasi, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan yang terakhir Olahraga, Kesenian dan kreativitas (OKK) merupakan mata kuliah semi KKN, dimana disini kita belajar terjun ke masyarakat, mengetahui masalah masyarakat sekitaran Jatinangor, dan dituntut untuk memiliki solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut yang menghasilkan suatu program. Selanjutnya, program yang kita gagas itu dilaksanakan di desa masing-masing. Adapun mata kuliah untuk Jurusan ada 3 yaitu dasar-dasar ilmu politik, dasar-dasar ilmu sosial, dan dasar-dasar ilmu administrasi. Di semester dua baru kita masuk ke jurusan masing-masing dan mata kuliahnya lebih terarah.
Sistem belajar di AP fisip unpad seperti universitas pada umumnya, dosen masuk, ngasih materi, baru ngasih tugas seabrek yang sistemnya pake kelompok. Tugasnya rata-rata penelitian, dan sebenarnya tugasnya pada asik semua. Tugas di AP itu membuat otak kreatif kamu berpikir keras, dan buat kamu banyak jalan-jalan. Sebagai contoh, semester 3 ini aku ada 6 tugas yang waktunya satu semester dari 6 mata kuliah yang berbeda.
1. Tugas pertama dari Hukum Administrasi Negara, aku disuruh mendatangi kantor-kantor pemerintahan yang punya produk hukum, aku harus ambil semua produk hukum tersebut, lalu aku menganalisisnya berdasarkan teori-teori hukum yang sudah aku pelajari selama ini.
2. Tugas kedua itu dari Manajemen Pelayanan Publik. Disini aku beberapa kali dapet tugas survei pelayanan public. Satu survei pelayanan public yang ada di unpad, yang satu lagi pelayanan public yang ada di jatinangor. keduanya kemudian di kumpul dengan bentuk laporan 4 bab yang harus mencantumkan teori dan hasil dari penelitian dengan survei tersebut. Oh iya, surveinya pake google form dan survei monkey jadi udah canggih hehe
3. Tugas selanjutnya adalah buat video tentang kepemimpinan. Bisa berupa apa saja, kalau aku sih kemaren ngebuat drama bareng kelompok aku.
4. Selanjutnya, Perencanaan sumber daya manusia. Kami disuruh berandai-andai kalau kami buat perusahaan, terus menentukan visi, misi, tujuannya, analisis swotnya, modal awalnya, struktur organisasi, job specification, analisis jabatan, job description, gaji karyawan, cuti karyawan, MoU dan banyaak lagi lalu semua iu dibuat didalam satu company profile yang di desain semenarik mungkin dan di print di kertas bagus dan di presentasiin juga. Nanti di kelas presentasinya di kelas nanti dibuat kaya sistem workshop pembisnis muda. Pake moderator juga. Aneh lah sebenernya.
5. Ekonomi sector publik. Tugasnya itu survei indeks kebahagiaan warga desa jatinangor, aku dapetnya di desa jatiroke. Jadi aku harus keliling di desa jatiroke, survei nanyain satu persatu rumah mengenai hal-hal yang udah dikasih ibunya sebagai bahan pertanyaan. Ini salah satu ukuran kesejahteraan sebuah tempaat juga loh. Jadi kesejahteraan warga bisa dihitung dari seberapa bahagianya mereka.
6. E-government. Disuruh survei factor kesuksesan dari e-government di kota dan kabupaten yang ditentukan sama dosennya. Nah ini yang paling sulit, karena ngesurveinya mesti ke sumedang dan nyari masyarakat yang bisa di survei susah banget. Tugas lainnya dari e-government adalah nerjemahin buku elektronik government berbahasa inggris. Berkat dosen ini ilmuku soal elektronik government jadi nambah banyak.
Itu aja sih gambaran tugas untuk semester tigaku ini. semester dua ga ada tugas yang heboh-heboh banget, palingan disuruh buat video profil, atau disuruh buat workflow dari suatu instansi memakai Microsoft visio.

Baca Juga : Cara Belajar SBMPTN yang Efektif

Lingkungan
Lingkungan akademik di AP menuntut kalian untuk dapat berpikir teratur, terukur, terstruktur, efektif dan efisien. Lalu di sini kalian akan menemukan teman-teman yang membuat kalian terpacu untuk belajar. Kalau bicara lingkungan sosial, kalian akan menemukan orang dengan ideologi yang beragam. Ada ketakutan-ketakutan khususnya bagi orang Sumatera untuk kuliah di UNPAD. Kebanyakan ketakutan tersebut karena ada rumor yang mengatakan bahwa lingkungan di UNPAD adalah lingkungan yang bebas, dalam artian disini terdapat berbagai macam jenis orang ada yang lurus tapi banyak juga yang bengkok. Jawabanku : tidak bisa dikatakan benar tetapi tidak salah sepenuhnya juga. FISIP UNPAD mempunyai lingkungan dengan orang-orang yang berpikiran beragam dan cederung bebas dibandingkan dengan fakultas lainnya, begitupun dengan AP. Disini memang ada berbagai macam orang, ada anak-anak masjid, ada pembaca buku, ada orang yang suka nongkrong, ada yang pikirannya sangat kritis, dan lain-lain. Kalian dapat masuk kemana saja, tapi kalian bisa mengontrol diri kalian sendiri kok, pilihan ada di tangan kalian. Kalian bisa berteman dengan semua orang tanpa harus melanggar prinsip yang telah kalian sepakati dengan diri kalian. Ini juga termasuk ketakutanku dulu saat awal masuk ke UNPAD. Dan setelah masuk, yaa ketakutanku tidak sepenuhnya salah. Tapi setelah beberapa lama disini, aku sadar itu semua tergantung aku lagi, bagaimana pengendalian diriku dan kemampuanku untuk tetap memegang prinsip yang aku punya. Dengan pengendalian diri yang baik, kalian bisa bertahan di lingkungan separah apapun tanpa harus mengorbankan nilai yang telah kalian pegang. untuk mengantisipasi lingkungan, aku masuk ke organisasi keagamaan di FISIP UNPAD untuk memastikan ketika aku sudah mulai gamang, aku punya pengingat yang mengingatkanku dan mencegahku melakukan hal-hal aneh.
Orientasi Jurusan
Orientasi jurusan atau yang biasa dikenal sebagai Ospek Jurusannya mencakup tiga bagian pengkaderan yang akan mengenalkan kamu ke himpunan jurusan Administrasi Publik Unpad. Pengkaderan dari kami sendiri mencakup 3 bagian, Ospek yang literally ospek, mengikuti pelatihan kepemimpinan, menjalani 2 kepanitiaan yaitu dies natalis dan yang terakhir kepanitiaan ospek jurusan, yang di AP disebut PAM (Pembinaan Anggota Muda). Bagi kalian yang bertanya-tanya apakah di Ospek ini kalian akan mendapat perlakuan tidak menyenangkan secara fisik? jawabannya adalah tidak. tapi untuk mental, kalian memang akan dilatih secara mental untuk berpikir seperti administrator, dalam artian disini kalian akan belajar tentang dunia kerja yang sebenarnya. Mungkin perlu strategi, politik, pengaruh, pola piker yang teratur dan terukur, dan lain-lain. Kalian akan belajar banyak disini. Tapi itupun kembali lagi pilihannya ke kalian, kalian berhak untuk ikut ataupun ngga. keputusannya ada di tangan kalian.
Tipikal individu keluaran Administrasi Publik Unpad
Perlu diketahui ini bersifat subjektif sekali menurut penilaianku pada alumni-alumni lulusan administrasi public unpad. Menurut penilaianku keluaran administrasi unpad biasanya orang yang teratur, rapih, terstruktur, suka berpikir secara detail, berpikir tentang cara yang paling efektif dan efisien, cederung taat dan berpusat pada peraturan, kritis dan seorang organisator yang baik. Jadi sedikit banyaknya kemampuan-kemampuan itulah yang juga akan kalian dapatkan jika kalian memutuskan untuk berkuliah di Administrasi Publik UNPAD.
Uang Kuliah
administrasi publik unpad

Fasilitas Kampus
Fasilitas Fakultas yang paling bermanfaat buatku adalah WIFI. Di FISIP wifi bisa dinikmati selama 24 jam, jadi kalau kalian jalan-jalan ke FISIP pada malam hari, kalian bisa lihat mahasiswa-mahasiswa tuna kuota yang duduk di meja batu untuk memanfaatkan fasilitas WIFI tersebut. Akses wifi juga cukup mudah, asalkan punya akun PAUS ID saja kamu sudah bisa menikmati WIFI UNPAD. Masalah yang pernah aku alami paling karena koneksi wifi di siang hari sering lambat, lalu setiap hari harus login ulang lagi. Tapi selain itu ngga ada masalah khusus tentang fasilitas WIFI ini. oh iya ada lokasi-lokasi penting untuk kamu pemburu WIFI, karena koneksi wifi ga bagus di semua tempat. Lokasi-lokasi yang wifinya terhitung cepat ada di : depan dekanat, meja baju di depan lapangan FISIP dan semua meja batunya. di depan SBA dan di gedung-gedung perkuliahan (di gedung B juga kenceng hehe). Lalu lokasi yang koneksi wifinya sangat lambat ada di : Meja batu belakang gedung B dan selasar musholla.
Untuk pengurusan surat-surat penelitian juga memakan waktu yang cepat menurutku. 1-2 hari kerja, surat sudah selesai. Dan petugas administrasi juga tanggap jadi ini sangat memudahkan kita-kita mahasiswa yang tugas penelitiannya seabrek.
Ada juga tempat-tempat nongrong seperti meja batu belakang gedung B, meja batu di depan selasar, meja kayu depan gedung B. tapi kalau kamu tipe aktivis yang suka ikut organisasi mungkin nantinya kamu akan sering nongkrong di Selasar atau depan dekanat karena disitu merupakan lokasi paling favorit dari semua anak aktivis untuk menggelar rapat dari organisasinya.
Pekerjaan
Orang-orang yang kuliah di AP rata-rata bekerja di pemerintahan entah itu di kementrian, BUMN, dinad-dinas maupun menjadi dosen lagi. Tapi ada juga yang menjadi Reporter seperti Andromeda Mercurry, maupun menjadi HRD di perusahaan. Jadi walaupun Administrasi Publik berpusat pada kegiatan pemerintahan, kalian juga bisa kerja di banyak tempat tergantung dimana kalian ingin bekerja.
Jumlah Mahasiswa
Aku ga memperbaharui informasi seputar yag diterima, hanya di angkatanku itu jumlah yang diterima melalui SBMPTN dan SNMPTN ada 103 orang, dan sekarang tinggal 96 orang. Sedangkan angkatan 2017 ada 112 orang. Biasanya dibagi ke kelas A dan B, tapi untuk kasus kelasku, karena kelas di FISIP sudah habis jadi semester ini kelas A dan B digabung, begitu pula dengan angkatan 2017. Ini menyebabkan kelas jadi kurang kondusif. Kalau hari-hari biasa memang kalian bisa bebas pilih tempat duduk (dan kursi paling depan jarang penuh. Jadi kalau kamu tipe-tipe suka belajar, kamu beruntung!) karena ada beberapa orang yang Cuma titip absen saja dikelas (kalian akan tau fakta-fakta sebenarnya mengenai titip absen saat kuliah). tapi jika kondisinya akan ujian, cepat-cepatlah datang atau kamu harus mengambil kursi dari kelas lain karena kursi-kursi di kelah sudah penuh. Ini biasanya terjadi di kelas kecil, seperti di kelas B201,B202,B203,B204, dan B205

nah, itu semua tentang Administrasi Publik Unpad. kalau kalian ada pertanyaan atau ingin konsultasi bisa langsung hubungi ke ulfaoktarida@gmail.com . selamat memilih jurusan! semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images