Sel, Kepemimpinan dan Kesaksian Hari Akhir

Apakah kalian ingat frasa "manusia adalah pemimpin setidaknya bagi dirinya sendiri"? tadinya kukira kalimat tersebut merupakan ka...

Apakah kalian ingat frasa "manusia adalah pemimpin setidaknya bagi dirinya sendiri"? tadinya kukira kalimat tersebut merupakan kalimat yang berarti bahwa manusia setidaknya mengatur satu makhluk hidup, yaitu bagi dirinya sendiri. dia mengatur apa yang harus dicapai olehnya, mengatur apa yang harus dimakan, diminum, kapan harus tidur dan lain-lain. Tapi aku tidak pernah memikirkan bahwa ternyata hal-hal seperti itu, ternyata tidak hanya mempengaruhi satu makhluk hidup saja, namun setidaknya, ketika membuat suatu keputusan maka itu akan berdampak kepada ratusan juta makhluk hidup yang kita pimpin. makhluk hidup itu adalah sel dan bakteri hidup yang ada di tubuh kita. coba pikirkan lagi, mereka juga 'hidup', kan?

Sel dan bakteri memang bekerja secara mandiri. dia mungkin hanya memperdulikan apa yang perlu dia kerjakan di dalam tubuh kita, namun nasib mereka, apakah mereka akan berumur panjang, apakah mereka bisa hidup sehat, ada di tangan kita. sebagai contoh, dengan memutuskan untuk tidur diatas jam dua belas, itu berarti telah memperpendek waktu sel-sel dalam tubuh untuk mengobati dirinya sendiri, dan secara otomatis juga berarti memperpendek waktu hidup mereka. Dengan begitu, berarti kita telah mendzolimi makhluk lain kan, dalam hal ini adalah sel-sel dan bakteri yang ada dalam tubuh kita.

Segala yang kita makan juga akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. Semakin baik kualitas makanan yang kita makan, maka semakin baik pulalah kesehatan keluarga sel-sel tubuh kita. timbal balik yang mereka berikan ke kita juga bukan sembarangan, timbal balik dari memberikan sebuah makanan yang baik kepada koloni mereka adalah nikmat untuk hidup sehat dan jarang sakit. Sebuah timbal balik yang lumayan, kan?

Begitu pula segala sesuatu yang kita kerjakan juga berpengaruh terhadap kondisi sel dalam tubuh kita. sebagai contoh, ketika kalian belajar, kalian memberikan pekerjaan baru kepada neuron-neuron di dalam otak kita yang tadinya mereka menganggur, menjadi punya pekerjaan yaitu menyatukan informasi-informasi yang telah ada pada kita saat ini dan mencoba menghubungkan ke informasi baru yang kita dapatkan. dengan begitu, mereka menjadi lebih kuat. tidak mudah sakit. memberikan timbal balik berupa ingatan yang kuat juga kepada kita.

Hal tersebut juga menjelaskan kepadaku tentang kenapa pada hari kesaksian nanti, yang bersaksi untuk kita adalah tangan, kaki, mata dan bibir kita sendiri. karena setiap dari bagian tubuh kita adalah makhluk yang hidup, butuh makan, bekerja juga layaknya manusia. jadi tentulah ketika kita semakin baik merawat tubuh kita dan menghindari makanan yang menimbulkan penyakit, maka kesaksian dari mereka pun akan semakin baik. kalau kita merawat mereka dengan baik, maka mereka pun akan memberi timbal balik yang baik pula. seperti itulah yang mungkin akan terjadi di hari kesaksian nanti. Koloni sel akan memberi saksi kepada yang maha mempunyai segala sesuatu di bumi ini, tentang apa saja yang sudah kita lakukan, yang merugikan mereka, yang mempercepat kematian mereka, yang merusak kesehatan mereka. Sel akan membuka semua kesalahan kita dihadapan pengadilan.

mulai sekarang, cobalah perlakukan sel-sel dengan lebih baik, ya.


REFERENSI :
QS Yasin :65
Qs. Fushilat: 19-23
Al-Israa’ : 36

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images